Belajar Motret Makanan Bersama Aston Rasuna

Mezza Resto, Aston Rasuna
Sambutan GM Aston Rasuna Bpk M Isa sebelum workshop di mulai. (Photo Kang Dudi)

Sekarang Food Photography sedang hits banget di sosial media. Hampir setiap yang punya akun bisa dipastikan pernah unggah foto makanan. Sebelum doa makan sekarang ada tambahan foto makan dulu sebelum berdoa, lantas langsung di Unggah ke sosmed.
Namun ternyata motret makanan yang bikin orang ngiler tidak semudah yang disangkakan. Perlu beberapa pengetahuan tentang komposisi, dan lain lain. Namun sebelum itu semua terjadi, kita harus punya konsep pengen seperti apa foto yang akan kita sajikan. Jadi konsep adalah hal utama yang harus dipikirkan.

Marisa Djemat sedang memberikan Tips and Trick Food Photography. (photo Kang Dudi)
Sabtu (10/12) Alhamdulillah saya di undang untuk mengikuti Workshop tentang Food Photography dari Marisa Djemat atau lebih sering di sebut Mba Icha. Suasana workshop yang santai ini dilaksanakan di The Bridge Lounge Hotel Aston Rasuna di daerah Kuningan Jakarta Selatan. Acara diawali dengan sambutan dari GM Aston Rasuna Bapak Muhammad Isa, “Bahwa kita tidak bisa jalan sendiri sendiri harus berpegangan tangan, antara Blogger dan Industri sehingga saling menguatkan” Liputan atau review seorang Blogger sekarang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah industri. Sehingga blogger juga harus bisa meningkatkan kapasitasnya sebagai seorang blogger.

Jika kita sedang di resto atau cafe, manfaatkan apa yang ada di sekitar Resto tersebut jika kita tidak membawa property pendukung. Misalnya kita bisa memanfaatkan daftar menu sebagai bagian dari foto, majalah, kacamata atau yang berhubungan dengan makanan yang akan kita foto. Jadi kita harus bisa membuat situasi terbatas itu menjadi sebuah foto yang cetar. Berbeda jika kita motret di rumah dengan full persiapan dari property sampai alat foto seperti lampu dan lain lain. 

Semakin sering melihat dan motret makanan, secara tidak langsung akan mengasah kepekaan kita terhadap karya foto. Berlatih, berlatih dan berlatih adalah sebuah kunci untuk bisa membuat foto yang bercerita.

Peserta sangat antusias sekali, kelas sangat hidup dengan berbagai pertanyaan dari peserta. Sepertinya waktu satu jam sangat kurang sekali untuk membahas tentang food photography ini. Namun dengan ada praktek motret peserta jadi tahu bagaimana kesulitan motret makanan itu. Ada lima menu makanan dan dua minuman dari Mezza Resto Aston Rasuna yang menjadi ajang latihan peserta ini.

  • Tuna Avocado Salad
  • Seafood Cowder
  • Mix Grill Tenderloin, King Prawn and Scallop
  • Penang Curry Laksa
  • Ciabatta Sandwich

Minumannya ada Green Rasuna dan The Poppy.

The Best 3 Workshop Food Photography (Sumber Photo FB Johan Alwi)
Setelah puas praktek saatnya foto foto di kurasi oleh Mba Icha. Dengan proses kurasi ini, kita menjadi tahu bagaikana kekurangan dari foto A, kelebihan foto B. Jadi kita bisa belajar dari proses belajar orang lain. Dan ini ada lombanya, the best 3 akan mendapatkan souvenir dan Voucher Mezza Resto, tentunya ini semakin membuat semangat peserta. Ilmu dapat, pengalaman dapat hadiah dapat 🙂

Foto Keluarga Sebelum Pulang (Sumber Photo FB Johan Alwi)
Sebelum pulang kita juga di ajak Hotel Tour untuk mengenal berbagai fasilitas yang ada di Aston Rasuna ini.

Jika ingin lihat liputan di Youtube bisa klik link ini.

Semoga bermanfaat

Jakarta, 13 Desember 2016

Kang Dudi

Advertisements

10 thoughts on “Belajar Motret Makanan Bersama Aston Rasuna

  1. Pas sesi kurasi baru deh ketahuan foto yang kayaknya udah kita anggap sempurna ternyata masih banyak yang perlu diperbaiki. Workshop yang kaya ilmu banget nih.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s