Pais Lauk Ma Enin

Beberapa hari belakangan ini dunia maya diramaikan dengan Gordon Ramsay yang liputan dan belajar masak Rendang di. Sumatra Barat.

Cuma saya bukan mau ngomongin Rendang, tapi masih tentang kuliner Indonesia juga yang berada di Provinsi Jawa Barat. Pais Lauk atau lebih di kenal Pepes Ikan dalam bahasa Indonesia.

Menurut sayah masakan ini sangat khas sekali dengan berbagai macam rempah membuat bumbu meresap ke dalam ikan.

Di era sekarang dengan ekspedisi yang beragam dan bisa menjangkau antar kota dalam hitungan jam. Pola jualan juga berubah, tidak perlu ada toko secara fisik cukup online saja bisa menjangkau berbagai kota.

Seperti Pais Lauk Mas Ma Enin ini saya pesan dari Bandung, menjelang magrib sudah sampai Jakarta dengan aman sentosa. Dan tinggal panaskan saja bisa langsung dinikmati bersama keluarga.

Dalam satu kemasan terdapat dua ikan mas, kurang lebih seberat 400 gr sudah bersama rempah yang melimpah. Jadi lebih dari cukup untuk dinikmati berdua bersama pasangan hidup. Kalau sama anak mah harus order lebih dari satu donk.

Resep pais ini merupakan warisan dari orang tua sang pemilik bisnis. Sudah pasti ini menjadi salah satu masakan otentik khas Jawa Barat yang mulai berkurang peminatnya tidak seperti rendang yang mendunia.

Mudah mudahan Pais Lauk ini juga menjadi salah satu makanan yang digemari oleh semua kalangan, tidak hanya kaum kolonial saja. Generasi milienialpun bisa menyukainya. Bahkan Gordon Ramsay akan berguru juga untuk membuat pais lauk.

Nu pasti mah ponyo pisan lur, mangga we langsung order ka IG na

Sahur Di Akhir Waktu adalah keberkahan

وَبِٱلْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ : Wa bil-as-ḥāri hum yastagfirụn Terjemah Arti: Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. Surat 51 ayat 18

Waktu antara Malam dan menjelang fajar adalah waktu yang sangat mustajab untuk memohon ampunan kepada Allah SWT sesuai dalam al Qurannyang dikutip di awal tulisan ini Surat Azzariat ayat 18. Ini adalah waktu yang sangat. Di saat ini semua permohonan dan keinginan akan di ijabah. Inilah waktu yang harus kita perhatikan untuk memohon ampun kepada Allah.

Tidak banyak hanya kurang lebih 15 menit menjelang fajar. Inilah saat yang harus kita fokus untuk terus istigfar.

Masih ada kesempatan untuk meraih ampunan di saat akhir menjelang adzan subuh. Namun tidak mudah untuk fokus, selalu saja banyak cobaan untuk meluangkan waktu di saat ini.

Yuk manteman setelah sahur kita fokuskkan untuk istigfar memohon ampun atas semua perilaku kita selama ini.

Astagfirullah hal Azziem

Hops.ID Event, Belajar Dari Corona

Dalam beberapa minggu terakhir ini orang sangat sering membicarakan virus Corona yang sedang melanda China dan beberapa negara di dunia ini. Virus ini memang sedang menjadi perbincangan hits bener di dunia nyata maupun maya.

Hari Sabtu (29/02) saya menghadiri soft launching Hops.id sebuah portal berita yang akan meramaikan dunia maya Indonesia. Selain launching portal, akan ada Talkshow yang bertema “Belajar Dari Corona, Si Penyakit Mematikan” Acara ini juga bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) membahas tentang Corona.

Jadi sangat menarik sekali pembahasan kali ini, karena virus Corona ini menjadi perbincangan seluruh dunia. Bahkan kegiatan Umrah untuk sementara waktu dihentikan. Dampaknya sangat luas sekali dan bahkan yang tidak kalah penting merebaknya hoaks seputar Corona.

Yang menarik perhatian saya adalah acara potong tumpeng sebagai penanda di mulai aktivitas hops.id. CEO Hops id Bapak Hadi Suprapto memberikan potongan tumpeng pertama kepada kedua orang tua. Ini menarik perhatian saya, bahwa Ridho orang tua untuk anaknya yang akan menjalankan usaha. Semoga berkah …..

Kembali ke laptop ya ….

Hops ID ini adalah sebuah perusahaan media multi platform yang bergerak di bawah naungan Hops Media Grup. Menyajikan berita berita ringan yang sedang viral dan trending. Walaupun sedang viral dan trending, namun berita yang disajikan tidak mengikuti arus media sosial. Hops akan saring dan di buat konten kreatif sehingga menjadi berbeda. Harapanya bisa terwujud demokratisasi Informasi di indonesia.

Jadi ingat ya saring sebelum sharing.

Acara talkshow ada dr Moh Adib Khumaidi SpOT yang juga merupakan ketua PDEi, selain itu dr Mahesa Paranadipa, MH yang menjabat sebagai Ketua DPP Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia. Dan Abirama seorang penyanyi yang mendapat didikan langsung dari David Foster.

Apa itu Corona Virus?

Sejenis virus baru yang merupakan satu keluarga dengan virus SARS dan MERS yang beberapa tahun yang lalu sempat menjadi virus yang mematikan. Untuk virus baru ini diberi nama Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Kira kira seperti itu gambaran tentang Virus Corona ini.

Dan tentunya kita harus tahu gejala Virus ini.

Yuk kita kenali gejalanya

Jika ada flu kita harus waspada, karena salah satu gejalan coronavirus ini flu, apabila disertai demam, batuk dan sesak nafas.

Adapun cara penularannya terbatas kontak antar manusia, atau bisa juga percikan saat batuk atau bersin. Kenapa yang batuk harus menggunakan masker jadi tahu sekarang ya.

Orang tua yang sudah lanjut usia dan orang yang sedang lemah imunitasnya sangat rentan terkena coronavirus ini. Untuk pencegahan kita harus bisa meningkatkan imunitas tubuh kita.

Jadi intinya adalah dengan melakukan pola hidup yang baik, akan meningkatkan imunitas tubuh kita. Dengan GERMAS Cerdik Departemen Kesehatan insya Allah kita bisa mencegah virus Corona. Walau sudah ada terduga di Indonesia, tetap tenang dan waspada saja.

Kita sudah tahu penyebab dan penyebarannya, jadi jika ada gejala seperti itu ceoat hubungi dinas kesehatan setempat untuk diberikan pengobatan dan isolasi sehingga virus tidak menyebar lebih luas.

Ingat yah jangan sharing sebelum saring, biasanya kalau judul bombastis hanya untuk menarik minat saja padahal isi tidak sesuai dengan judul.

Menjelajah Rasa Bersama Fleudelys Catering

Hari Jumat (28/2) saya di undang ke Launching Fleudelys Catering di Grand Slipi Tower. Walaupun baru Launching tahun 2020 ternyata Fleudelys bukan brand baru, dari tahun 2017 sudah membuka Outlet Fleudelys Cafe di bilangan Kota Wisata Cibubur. Dan terus mengembangkan sayap membuka cabang di Bandara Soekarno Hatta. Jadi sebenarnya sudah berjalan lama, namun sekarang menambah layanan catering service.

Saat ini bisnis kuliner itu sesuatu yang sangat menarik minat untuk dijalani. Karena semua orang membutuhkan makanan, jadi peluangnya masih sangat besar untuk bisa berkembang dengan baik. Terbukti dengan perjalanan Fleudelys ini tahun 2020 menjadi salah satu Catering Provider yang bisa bersaing di tengah hiruk pikuknya bisnis kuliner.

Banyak orang bilang jika bisnis kuliner itu rasa adalah yang utama. Jika lidah konsumen sudah kena tinggal nunggu banjir order aja. Nah karena rasa ini, malam ini Fleudelys mengusung tema menjelajah rasa. Undangan diharapkan bisa mencicipi langsung beberapa menu andalan dari Fleudelys ini. Baik ini menu Nusantara, Asia dan Barat, semua tersaji dalam konsep festival jelajah rasa.

Dalam sambutannya Bapak Anang Sanjaya Direktur Utama Fleudelys Catering memaparkan bahwa hadirnya Fleudelys Catering dapat mewarnai bisnis catering di Indonesia, sesuai dengan visi Fleudelys Catering menjadikan bisnis catering yang terpercaya untuk menghasilkan kepuasan rasa bagi konsumen. Dengan meningkatkan profesionalisme, produktifitas dan efisiensi untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Selepas acara seremonial launching Fleudelys Catering, para tamu undangan, blogger dan media di ajak untuk dapat mencicip cita rasa hasil olahan Fleudelys dengan konsep Food Festival.

Dan saya pun mencoba beberapa menu yang dihadirkan oleh Fleudelys ini. Yang pertama saya icip adalah Tekwan, menu nusantara dari daerah Palembang ini sangat segar terlebih saat perut sedang kosong. Panasnya sangat pas banget sajian Tekwan ini.

Antrian menu Steak

Saya tidak sempat mencicipi semua masakan yang disajikan karena kapasitas perut saya sangat terbatas sekali. Untuk menu Barat, saya cicipin Steak dan Pasta. Antrian untuk mencicipi steak ini sangat panjang sekali, mungkin ini salah satu menu favorit dari Fleudelys. Rasanya tidak sabar untuk segera mencicip steak ini, dan ternyata dagingnya sangat empuk sekali dan sangat juicy rasa dagingnya. Dan menurut saya steaknya sangat juara banget deh ih.

Namun yang menarik perhatian saya adalah stand Menu Nusantara Nasi Liwet dengan segala pernak pernik yang sangat menarik perhatian mata. Saya juga tidak mau melewati menu ini, tentu mencoba dan rasanya sangat enak terutama kereceknya pedes banget. Karena ada ranjau ranjau yang membuat pedas.

Banyak lagi yang belum saya sempat cicipin malam itu, karena terbatasnya perut saya. Namun secara global masakan nusantara, asia dan barat sangat enak pake banget. Jadi bila ada yang punya agenda pertemuan keluarga, arisan atau menikah bisa menggunakan jasa Fleudelys Catering ini. Jangan ragu lagi, karena saya telah menjelajah rasa Fleudelys ini di hari Launchingnya.

Semoga kehadiran Fleudelys ini bisa memberikan pelayanan terbaik serta memanjakan rasa dari setiap konsumen setianya. Menjaga kebersihan dan kwalitas akan menjadi kelebihan dari Fleudelys Catering.

Toko Barang Mantan

“Detiknya Selalu Berdetak, Di dalam hati berpijak” -Paul-

Kata orang jika sedang jatuh cinta itu semua orang jadi penyair. Puisi pembuka tulisan ini justru sebaliknya, yang ingin move on dari mantannya. Salah satu Memorabilia ini saya temukan di acara Press Screening Film Toko Barang Mantan di XXI Epicentrum Walk pada hari Selasa (11/2). Ada etalase barang barang berikut dengan cerita dari balik barang mantan.

Kehidupan kita sehari hari sangat menarik untuk di buat film, dan film ini mengangkat tema yang sangat dekat dengan keseharian kita. Bagaimana ingin move on dari kenangan indah di masa lalu. Karena hidup itu harus terus berjalan.

toko barang mantan

Salah satu kenangan itu biasanya ada barang barang yang pemberian atau yang bermakna dalam sebuah relasi. Ide Tristan (Reza Rahadian) membuat Toko Barang Mantan ini adalah memberikan jalan bagi orang yang ingin Move On dari bayangan kekasih dengan menjual barang barang kenangan. Bahkan Tristan rela meninggalkan bangku kuliah demi membesarkan toko ini bersama sahabatnya Amel (Dea Panendra) dan Rio (Iedil Putra). Tentu banyak sekali cerita dari barang barang ynag di jual, karena selain ada barang cerita dari barang yang dijual menjadi satu kesatuan.

Namun hadirnya Laras ke Toko Tristan menjadi cerita yang sangat menarik. Udah ah ceritanya segini aja ya, kalau diceritain semua nanti nontonnya ga asyik lagi.

Toko Barang Mantan

Setting film ini sangat simpel dan ceritanya sangat dekat dengan keseharian kita, sehingga sangat mudah mencerna film ini dan yang pasti sangat menghibur. Dan alur ceritanya sangat mudah dipahami tidak rumit.

Yang menarik dari film ini adalah bertemunya dua Aktor dan Aktris terbaik Indonesia dalam satu film. Reza Rahadian dan Marsha Timothy ini pertama kali bertemu dalam satu film. Tentu dengan akting mereka akan menambah greget Film Toko Barang Mantan ini. Dialog dialog yang terjadi sangat natural sekali seperti tidak menggunakan script. Namun ini menjadi satu kekuatan dari film ini kalau menurut saya.

Selain tema, karakter para pemain juga sangat kuat. Karakter para pembeli barang mantan ini sangat unik, masing masing punya kekuatan. Terkadang ulah mereka yang gemesin sampai absurd itu bikin film ini hidup. Sehingga membuat film ini menjadi greget. Kalau yang sudah ga sabar, catet nih tanggal mainnya ya, 20-02-2020. Pasti bakalan ga lupa ya karena tanggal cantik.

Kalau penasaran kepoin aja dulu thrilernya, biar makin penasaran.

Pesan yang sangat penting dari film ini adalah bahwa cewek itu butuh kepastian, tidak cukup tindakan saja namun butuh diucapkan. Dan cinta itu tanpa syarat.

Selamat menonton

Temen Kondangan Film Komedi Awal Tahun 2020

Pagi itu hujan menguyur Jakarta, sehingga membuat mager kemana mana. Setelah sholat Jumat saya diundang Press Screening Film baru berteme komedi dengan judul “Temen Kondangan”. Rasa mager itu terkalahkan dengan rasa kepo film baru ini.

Sehabis jumatan yang masih gerimis, saya menembus untuk sampai ke Grand Indonesia. Rasa kepo yang besar yang membuat kuat menembus gerimis.

Sampai lokasi ternyata sudah banyak blogger dan media yang hadir untuk melihat tayang perdana film ini.

Buat Jomblo kadang menjadi masalah ketika hadir ke kondangan sendirian. Banyak pertanyaan yang harus dijawab ketika hadir sendirian, terlebih selebgram yang jadi Jomblo.

Film pertama besutan Iip Sariful Hanan ini sangat menarik dengan tema keseharian kita. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama seperti Gading Marten, Prisia Nasution, Samuel Rizal, Olivia Jensen, Kevin Julio, Reza Nangin, Diah Permatasari dan masih banyak lagi.

Cerita Temen Kondangan ini berawal dari kisah Putri (Prisia Nasution) seorang selebgram yang mendapat undangan pesta pernikahan mantan, Dheni (Samuel Riza). Kira kira Fitri bakal datang ke Kondangan Mantan ga? Dan kalau datang, aama siapakah dia? Kalo yang udah ga sabar liat aja cuplikan trailernya di sini ya, sebelum nonton yang lengkap nanti di tanggal 30.

Susah move on dari mantan memang menjadi tema dari film ini dan sangat realitis dalam kehidupan keseharian kita. Alur penceritaannya tidak bertele tele langsung kepada inti dari konflik yang terjadi.

Rasanya tema seperti ini belum ada yang garap di film Indonesia. Sangat segar untuk perfilman Indonesia dengan begitu banyak pililhan tema. Dengan membuat penonton tertawa, berarti membuat gembira masyarakat. Yang menarik perhatian saya dari film ini tema yang unik tapi tetap bisa dinikmati, dan ceritanya tidak mudah di tebak.

Ada Qoute menarik “Jangan lari dari masalah! Hadapi! Sangat cocok dengan apa yang digambarkan dalam film ini. Apapun kenyataan pahit harus kita hadapi dengan segala keterbatasan kita.

Fitri sebagai selebgram tentu tidak ingin terlihat belum bisa move on dari sang mantan sama netizen, tinggal pilih temen kondangan aja, namun dari sinilah letak rusuhnya. Kalau sayah ceritain semua mah ga seru atuh. Jadi mending nonton langsung aja ya manteman. Saya merasa terhibur dengan film ini terlebih ada Duo Sekuriti Kang Pipit sama Kang Murad yang bikin senyum.

Dari segi alur cerita, film ini sangat cepat alurnya. Dari menerima undangan pernikahkan mantan ke rusuhnya itu sangat cepat. Relasi antar tokoh tidak terlalu diceritakan detil. Ada satu adegan yang bikin saya ngakak ketika Galih Down dan diputarkan lagu kesukaannya.

Ada pesan yang begitu kuat dari film ini yang ingin disampaikan. “Hidup itu jangan terlalu dengarkan pendapat netizen, jadi diri sendiri itu keren”

Terbayar sudah menembus gerimis Jakarta dengan tontonan segar banget. Jadi jangan lupa tanggal 30 Januari 2020 tonton Temen Kondangan.

Kiprah Amilia Agustin, Tentang Menyelamatkan Bumi

Selain roadshow ke Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati pada hari Sabtu (7/12). Saya mengenal satu sosok yang sangat inspiratif. Salah seorang penerima SATU Indonesia Award tahun 2010, yaitu Amilia Agustin. Saya penasaran bagaimana kisahnya hingga dia bisa mendapatkan SATU Indonesia Award dengan usia paling muda yaitu 14 tahun. Pada saat duduk di bangku SMP menerima penghargaan SATU Indonesia Award. Dan merupakan penerima Award yang termuda sampai saat ini.

Di depan Blogger dan media Amilia Agustin menceritakan di bagaimana prosesnya bisa terpilih sebagai salah satu penerima SATU Indonesia Award di tahun 2010. Saya sungguh malu jika membayangkan saat usia 14 tahun belun memikirkan kontribusi apa apa. Namun bangga juga bisa mengenal sosok yang luar biasa di usia remaja. Seorang remaja pelajar Sekolah Menengah Pertama menerima penghargaan tingkat Nasional, pasti seorang yang hebat.

Dulu waktu SMP pemalu, untuk bericara di depan umum kata Amilia Agustin, sekarang sudah terbiasa berbicara di depan umum. Untuk kampanye awalan masih menggunakan media wayang karena belum percaya diri untuk berbicara di depan umum.

Ami demikian sapaan akrab gadis berkerudung ini, memaparkan bagaimana proses seorang anak 14 tahun menjadi kandidat penerima SATU Indonesia Award pada tahun 2010. Prestasi yang didapatkan dalam bidang Lingkugan Hidup.

Ami kecil sering diajak ibunya ke Perpustakaan Daerah. Dari sinilah wawasan mulai bertambah karena bacaan bacaan di Perpustakaan itu. Rasa keingintahuan yang besar ini sebagai modal.

Bagaimana awalnya bisa berkontribusi untuk lingkungan hidup, Ami menceritakan ketika SMP, sedang pelajaran olahraga. Waktu itu lari di sebuah taman dekat sekolah melihat seorang kakek sedang makan siang di sebelah gerobak sampah. Dari episode itu terjadi perenungan yang dalam pada diri Ami.

Sampah begitu banyak di sekitar kakek mungkin salah satunya berasal dari Sekolah Ami. Bagaimana jika kakek itu sakit, mungkin Ami dapat dosa karena membuang sampah sembarangan. Dari kejadian kecil itulah, Ami mulai memikirkan tentang gerakan Lingkungan Hidup dari Bangku SMP.
Kejadian yang ditemui saat olahraga lari itu diceritakannya kepada guru pembimbing KIR yang ada di sekolahnya. Sejak saat itu, ia mulai berdiskusi kira kira apa yang bisa dikerjakan oleh anak SMP. Saat itu kampanye Zero Waste belum populer di kalangan millenial.

Atas saran guru pembimbing KIR untuk belajar ke Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB) yang bergerak di bidang pengomposan dan pemilihan sampah. Dan dari sinilah Ami mulai belajar tentang pengelolaan sampah organik dan anorganik. Upaya itu dimulai pada tahun 2008 dengan menggunakan kardus untuk memisahkan sampah organik dan anorganik di tiap kelas. Langkah awal tidak mulus, bahkan penuh dengan rintangan. Bukan pujian yang di dapat namun hinaan dan cemooh. Bahkan guru juga mempermasalahkan karus yang dipakai sebagai tempat sampah. Namun ini tidak menyurutkan langkah Ami dan teman teman untuk terus bergerak. Dengan adanya pengalaman pahit yang dihadapi Ami dan teman teman, menyadarkan bahwa kampanye pemilahan sampah ini tidak mudah jika dilakukan sendiri. Sehingga timbul ide mengkampanyekan tentang pemilahan sampah melalui Masa Orientasi Sekolah (MOS) di sekolahnya. Ide itu terus bergulir bersama teman temannya. Waktu itu kampanye pertama kali menggunakan media wayang, karena Ami belum berani ngomong di depan umum. Sambil mengenang mengawali program ini.

Untuk memperkuat gerakannya Ami dan teman teman sepakat untuk membuat subdivisi baru di ekstrakulikuler KIR khusus tentang pengelolaan sampah di sekolah. Nah “Sekolah Bebas Sampah” atau “Go To Zero Waste School“. Dengan anggota berjumlah 10 orang, sejak saat itu sering diajak Guru Pembimbing untuk mensosialisasikan program ini kemana mana.

Amilia Agustin
Daur ulang sampah plastik

Tidak selesai dengan memilah sampah sekolah saja, Ami terus memikirkan bagaimana mengolah sampah itu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Pas naik kelas 9 ada seorang teman dari keluarga yang kurang mampu, timbul ide untuk mendaur ulang sampah untuk menjadi sesuatu yang bisa dijual.

Sehingga Ami dan teman teman memberdayakan ibu-ibu untuk membuat tas dari bungkus kopi. langkah itu terus bergulir hingga sekarang. Nah dari gerakan ini Ami mendapat undangan sebagai kandidat penerima SATU Indonesia Award pada tahun 2010 dalam bidang Lingkungan Hidup. Ami tidak mengira bahwa dia menjadi kandidat termuda untuk meraih award ini. Ami menyangka award ini hanya antar sekolah saja, namun ternyata award ini tingkat Nasional. Pengalaman ke Jakarta untuk seleksi lanjutan kandidat penerima award ini mempunyai pengalaman yang tidak pernah terlupakan Ami.

Itulah sekelumit cerita tentang peraih SATU Indonesia Award termuda dalam Lingkungan Hidup. Dan sekarang Ami sudah berusia 23 tahun dan bekerja di salah satu anak perusahaan Astra di Bidang CSR.

Selepas SMP terus bergerak untuk mengkampanyekan Lingkungan hidup. Tidak berhenti setelah mendapat award, namun menjadi pemicu semangat bergerak. Semoga semangat Ami ini bisa menjadi inspirasi bagi semua orang. Usia 14 tahun Ami sudah mulai bergerak untuk Lingkungan Hidup, kamu kapan?

Membangun Rumah Dari Sampah

Pagi itu cuaca begitu segar, tidak sabar saya ingin tahu tentang Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati. Hari Sabtu (7/12) bersama teman Blogger dan Media akan mengeksplor KBA Rawajati di daerah Jakarta Selatan. Rasa penasaran saya begitu kuat tentang KBA Rawajati ini. Berangkat dari rumah dipenuhi dengan berbagai pertanyaan. Apakah teman teman ada yang seperti saya? Ikuti aja cerita saya semoga terjawab ya

Memasuki Kampung Rawajati tergolong sejuk dengan pepohonan yang rindang menaungi sepanjang jalan di daerah ini. Yang menarik perhatian saya di kampung ini adalah Bank Sampah Rawajati. Nama Bank Sampahnya sesuai dengan lokasi yang berada di Kampung Zeni AD Rawajati. Sampah identik dengan bau, nah di Bank Sampah Rawajati ini tidak tercium bau yang tidak sedap seperti pada pembuangan sampah pada umumnya. Dan lokasi ini sangat rapih dan bersih jauh dari kesan kotor dan kumuh.

Berawal dari tahun 2002 memulai daur ulang sampah yang berada di lingkungan sekitar RW 03 ini. Langkah kecil ini terus berjalan sedikit demi sedikit, sampai pada tahun 2007 mendapat bantuan dari Dinas PU DKI Jakarta mesin pencacah sampah, mesin pengayak dan pembersih plastik. Dari gerakan kecil ini terus bergulir menjadi besar dan mendapatkan bantuan dari CSR Astra dan dijadikan kampung binaan dengan nama Kampung Berseri Astra Rawajati.

Saat memasuki komplek Bank Sampah Rawajati, akan terlihat mesin pencacah sampah organik di bagian depan Bank Sampah. Di sebelah mesin pencacah terdapat ruangan sampah anorganik seperti botol, kertas dan sampah lainnya yang ditumpuk untuk dipisahkan sesuai dengan jenisnya. Dan di sebelah sampah anorganik terdapat Kantor Pengelola Bank Sampah.

Saya tertarik dengan bagian sampah anorganik ini. Saya melihat seorang pengelola Bank Sampah bernama Pak Indra sedang memilah sampah botol, lebih tepatnya membuang brand kemasan botol. Karena brand kemasan ini merupakan sampah yang tidak dapat diurai atau didaur ulang, ini hanya residu saja ujar Pak Indra. Residu ini merupakan sampah sebenarnya.

Berbekal rasa penasaran yang begitu besar, maka saya banyak ngobrol dengan Pak Indra. Beliau sudah setahun bekerja sebagai pengelola Bank Sampah, sebelum bekerja di sini sebagai seniman. Di sela kesibukan memilah sampah, beliau juga masih sempat membuat karya dari sampah yang masuk ke Bank Sampah untuk dijadikan karya seni atau kerajinan yang produktif

Sekarang nasabah Bank Sampah sudah banyak, tidak hanya dari lingkungan RW 03 saja. Ada dari Kalibata City, Condet, Depok dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebut satu persatu. Untuk memudahkan nasabah ada layanan ambil sampah untuk lingkungan sekitar RW 03. Jadi yang tidak sempat kirim bisa di ambil. Untuk nasabah aktif akan diberikan kantong sampah untuk setor tabungan. Untuk yang jauh bisa di kirim melalui ekspedisi. Jadi banyak cara untuk bisa menabung di Bank Sampah ini.

Mungkin di antara pembaca blog ini bertanya dengan judul “Membangun Rumah Dari Sampah”. Bener sampah bisa menjadi jalan membangun rumah? Judul ini bukan click bait lho

Karena sudah ada nasabah Bank Sampah Rawajati ini yang membangun rumah dari hasil menabung di Bank Sampah selama 5 tahun. Saya yang mendengar langsung cerita ini dari Pak Indra hanya bisa termangu. Masih belum percaya membangun rumah dari nabung sampah.

Saya cubit tangan saya untuk membuktikan saya bukan mimpi. Ternyata jika menjalani dengan serius akan membuahkan hasil. Sampah yang kita anggap sebagai kotoran ternyata bisa menghasilkan. Jadi jangan anggap remeh sampah mulai sekarang, pilah dan produktifkan.

Bank Sampah Rawajati bisa seperti sekarang karena konsisten mengedukasi masyarakat. Menurut saya ini prestasi yang luar biasa dari bank Sampah ini. Sehingga banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat sekitar. Dengan terus tumbuh dan berkembang Bank Sampah Rawajati bisa lebih memberikan manfaat yang lebih besar kepada warga sekitar pada khususnya dan warga Jakarta pada umumnya. Terutama untuk nasabah aktif dari Bank Sampah Rawajati.

Nah ini cerita singkat saya tentang Bank Sampah Rawajati, semoga bisa memberikan inspirasi kepada kita. Sampah jika dikelola dengan baik bisa menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Saya berharap Bank Sampah Rawajati bisa terus menebar inspirasi kepada semua orang. Dan sampah tidak hanya dibuang tapi dikelola dengan baik.

Yuk kita kelola sampah kita

Mulai dari kita

Mulai dari yang kecil

Mulai sekarang juga

Ambeh Teu Pareum Obor

Harta yang paling berharga adalah keluarga

Keluarga memang menjadi satu harta yang paling berharga. Karena keseharian kita senantiasa bersama keluarga. Walau kita mempunyai ruang ketiga dalam beraktivitas, kembalinya pasti kepada keluarga.

Terkadang dengan sibuknya kita di ruang ketiga ini kita lupa akan keluarga besar. Keluarga besar ini memang bisa tersebar di seantero negeri bahkan di luar negeri. Sehingga kita kurang mengenal saudara kita, kakek, paman, uwak dan lain lain.

Akhir tahun itu identik dengan liburan, karena ada momen liburan anak sekolah dan libur nasional, sehingga waktu kumpul bersama keluarga lebih intensif lagi.

Keluarga Besar Natasetia mempunyai cara khas untuk mempererat silaturahim. Tiap akhir tahun kumpul di satu tempat untuk beraktivitas bersama, tahun ini sudah memasuki tahun ke tujuh.

Tiap tahun panitia berganti, dan ini momen yang sangat di tunggu oleh keluarga Besar Natasetia. Karena jumlah keluarga sudah ratusan orang, jadi mungkin jika tidak ada acara tahunan ini, kurang mengenal satu sama lainnya.

Tahun ini kebagian Keluarga Cijagra untuk menjadi sohibul bait, bertempat di Ciloto.

FGNS :
1. 2013 Ciloto / Keluarga Cijagra
2. 2014 Situ Gunung /Keluarga Sukabumi
3. 2015 Papandayan/Keluarga Nusa Indah
4. 2016 lembang / Keluarga Lembang
5. 2017 Dago Pakar/Keluarga Dago
6. 2018 Jatinangor/Keluarga Sukabumi
7. 2019 Ciloto/ Keluarga Cijagra

Penasaran 2020, kemana lagi kita. Kerenya lagi keluarga ini punya tagline “Wios Da Wargi”

Cag

Hafal Quran Tanpa Menghafal

Menjadi hafidz/ah merupakan impian sebagian besar umat islam. Banyak kendala yang dihadapi untuk proses menghafal Alquran ini. Terlebih sudah mulai menghafal tapi ga hafal hafal, semangat mengendur.

Membaca sebuah pengumuman di WAG tentang pelatihan menghafal quran metode tikrar, hafal tanpa menghafal. Menarok perhatian saya, tergerak untuk ikut pelatihan ini.

Minggu (22/12) alhamdulillah saya bisa meringankan langkah menuju masjid At Taibin di bilanfan Senen. Untuk bisa menyerap ilmu tentan metode Tikrar ini.

Sebelum di mulai, kami diberikan wawasan bahwa menghafal Quran itu mudah. Ini hal pertama yang harus kita punyai, Kita pasti bisa menghafal dengan mudah. Tidak ada kata tapi, namun dan lain lain.

Ingat ya MUDAH ………

Insya Allah jika kita mempunyai pemahaman seperti ini akan lebih ringan dalam menjalankan proses berinteraksi dengan Al Qur’an.

Setelah kita merasa mudah untuk menghafal, sediakan waktu khusus berinteraksi dengan Alquran minimal 30 menit dalam sehari. Ini dua modal dasar yang harus di punyai jika memiliki keinginan untuk bisa menghafal Al Quran.

Mushaf Tikrar ini sangat membantu sekali terhadap proses menghafal kita karena ada catatan yang bisa kita tulis, berapa kali sudah tilawah, dengan ini akan memudahkan kita.

Inti dari Metode Tikrar ini adalah membaca, melihat dan di ulang. Pengulangan sebanyak 40 kali biasanya orang sudah mulai bisa mengingat.

Dan para peserta juga di ajak untuk mencoba metode ini secara Langsung Surat Thoha ayat 13-14 di baca berulang kali sebanyak 40 kali. Alhamdulillah tidak sampai 30 menit sudah selesai membaca dua ayat secara berulang 40 kali. Dan secara random peserta ada yang langsuhg bisa menghafal kedua ayat tadi. Ya ini ynag disebut hafal tanpa menghafal. Tentu senang sekali bisa hafal tanpa menghafal, jika ini terus berulang makan menjadi hagidz/ah bukan ssesuatu yang sulit lagi.

Ada beberapa tips n trik untuk metode ini :

1. Berdoa kepada Allah

2. Tarik nafas mendalam minimla 10 kali

3. Minum air putih, karena bakal baca ayat 40 kali.

4. Istigfar

5. Matikan TV atau HP

Dengan mencoba lima labgkah di atas semoga kita bisa menjadi penghafal kalam ilahi.

Yang belum mempunyai resolusi tahun 2020, bisa jadi menghafal quran menjadi salah satu resolusi yang harus di capai. Bahkan tanpa menghafalpun kita bisa hafal.

Namun jika belum hafal saja, teruslah membaca dan membaca karena di sana sangat banyak kebaikan.

Hafalkan terus mesti tidak hafal hafal, nikmati saja semua proses ini. Belum hafal saja berarti lebih lama dalam kebaikan. Semoga catatan kecil ini bisa menjadikan kita untuk terus bisa berinteraksi dengan Alquran, karena kelak Alquran menjadi teman kita yang abadi di akhirat.

Selamat Me Time

*Dari seorang yang ga hafal hafal.