Membangun Rumah Dari Sampah

Pagi itu cuaca begitu segar, tidak sabar saya ingin tahu tentang Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati. Hari Sabtu (7/12) bersama teman Blogger dan Media akan mengeksplor KBA Rawajati di daerah Jakarta Selatan. Rasa penasaran saya begitu kuat tentang KBA Rawajati ini. Berangkat dari rumah dipenuhi dengan berbagai pertanyaan. Apakah teman teman ada yang seperti saya? Ikuti aja cerita saya semoga terjawab ya

Memasuki Kampung Rawajati tergolong sejuk dengan pepohonan yang rindang menaungi sepanjang jalan di daerah ini. Yang menarik perhatian saya di kampung ini adalah Bank Sampah Rawajati. Nama Bank Sampahnya sesuai dengan lokasi yang berada di Kampung Zeni AD Rawajati. Sampah identik dengan bau, nah di Bank Sampah Rawajati ini tidak tercium bau yang tidak sedap seperti pada pembuangan sampah pada umumnya. Dan lokasi ini sangat rapih dan bersih jauh dari kesan kotor dan kumuh.

Berawal dari tahun 2002 memulai daur ulang sampah yang berada di lingkungan sekitar RW 03 ini. Langkah kecil ini terus berjalan sedikit demi sedikit, sampai pada tahun 2007 mendapat bantuan dari Dinas PU DKI Jakarta mesin pencacah sampah, mesin pengayak dan pembersih plastik. Dari gerakan kecil ini terus bergulir menjadi besar dan mendapatkan bantuan dari CSR Astra dan dijadikan kampung binaan dengan nama Kampung Berseri Astra Rawajati.

Saat memasuki komplek Bank Sampah Rawajati, akan terlihat mesin pencacah sampah organik di bagian depan Bank Sampah. Di sebelah mesin pencacah terdapat ruangan sampah anorganik seperti botol, kertas dan sampah lainnya yang ditumpuk untuk dipisahkan sesuai dengan jenisnya. Dan di sebelah sampah anorganik terdapat Kantor Pengelola Bank Sampah.

Saya tertarik dengan bagian sampah anorganik ini. Saya melihat seorang pengelola Bank Sampah bernama Pak Indra sedang memilah sampah botol, lebih tepatnya membuang brand kemasan botol. Karena brand kemasan ini merupakan sampah yang tidak dapat diurai atau didaur ulang, ini hanya residu saja ujar Pak Indra. Residu ini merupakan sampah sebenarnya.

Berbekal rasa penasaran yang begitu besar, maka saya banyak ngobrol dengan Pak Indra. Beliau sudah setahun bekerja sebagai pengelola Bank Sampah, sebelum bekerja di sini sebagai seniman. Di sela kesibukan memilah sampah, beliau juga masih sempat membuat karya dari sampah yang masuk ke Bank Sampah untuk dijadikan karya seni atau kerajinan yang produktif

Sekarang nasabah Bank Sampah sudah banyak, tidak hanya dari lingkungan RW 03 saja. Ada dari Kalibata City, Condet, Depok dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebut satu persatu. Untuk memudahkan nasabah ada layanan ambil sampah untuk lingkungan sekitar RW 03. Jadi yang tidak sempat kirim bisa di ambil. Untuk nasabah aktif akan diberikan kantong sampah untuk setor tabungan. Untuk yang jauh bisa di kirim melalui ekspedisi. Jadi banyak cara untuk bisa menabung di Bank Sampah ini.

Mungkin di antara pembaca blog ini bertanya dengan judul “Membangun Rumah Dari Sampah”. Bener sampah bisa menjadi jalan membangun rumah? Judul ini bukan click bait lho

Karena sudah ada nasabah Bank Sampah Rawajati ini yang membangun rumah dari hasil menabung di Bank Sampah selama 5 tahun. Saya yang mendengar langsung cerita ini dari Pak Indra hanya bisa termangu. Masih belum percaya membangun rumah dari nabung sampah.

Saya cubit tangan saya untuk membuktikan saya bukan mimpi. Ternyata jika menjalani dengan serius akan membuahkan hasil. Sampah yang kita anggap sebagai kotoran ternyata bisa menghasilkan. Jadi jangan anggap remeh sampah mulai sekarang, pilah dan produktifkan.

Bank Sampah Rawajati bisa seperti sekarang karena konsisten mengedukasi masyarakat. Menurut saya ini prestasi yang luar biasa dari bank Sampah ini. Sehingga banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat sekitar. Dengan terus tumbuh dan berkembang Bank Sampah Rawajati bisa lebih memberikan manfaat yang lebih besar kepada warga sekitar pada khususnya dan warga Jakarta pada umumnya. Terutama untuk nasabah aktif dari Bank Sampah Rawajati.

Nah ini cerita singkat saya tentang Bank Sampah Rawajati, semoga bisa memberikan inspirasi kepada kita. Sampah jika dikelola dengan baik bisa menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Saya berharap Bank Sampah Rawajati bisa terus menebar inspirasi kepada semua orang. Dan sampah tidak hanya dibuang tapi dikelola dengan baik.

Yuk kita kelola sampah kita

Mulai dari kita

Mulai dari yang kecil

Mulai sekarang juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s