Hafal Quran Tanpa Menghafal

Menjadi hafidz/ah merupakan impian sebagian besar umat islam. Banyak kendala yang dihadapi untuk proses menghafal Alquran ini. Terlebih sudah mulai menghafal tapi ga hafal hafal, semangat mengendur.

Membaca sebuah pengumuman di WAG tentang pelatihan menghafal quran metode tikrar, hafal tanpa menghafal. Menarok perhatian saya, tergerak untuk ikut pelatihan ini.

Minggu (22/12) alhamdulillah saya bisa meringankan langkah menuju masjid At Taibin di bilanfan Senen. Untuk bisa menyerap ilmu tentan metode Tikrar ini.

Sebelum di mulai, kami diberikan wawasan bahwa menghafal Quran itu mudah. Ini hal pertama yang harus kita punyai, Kita pasti bisa menghafal dengan mudah. Tidak ada kata tapi, namun dan lain lain.

Ingat ya MUDAH ………

Insya Allah jika kita mempunyai pemahaman seperti ini akan lebih ringan dalam menjalankan proses berinteraksi dengan Al Qur’an.

Setelah kita merasa mudah untuk menghafal, sediakan waktu khusus berinteraksi dengan Alquran minimal 30 menit dalam sehari. Ini dua modal dasar yang harus di punyai jika memiliki keinginan untuk bisa menghafal Al Quran.

Mushaf Tikrar ini sangat membantu sekali terhadap proses menghafal kita karena ada catatan yang bisa kita tulis, berapa kali sudah tilawah, dengan ini akan memudahkan kita.

Inti dari Metode Tikrar ini adalah membaca, melihat dan di ulang. Pengulangan sebanyak 40 kali biasanya orang sudah mulai bisa mengingat.

Dan para peserta juga di ajak untuk mencoba metode ini secara Langsung Surat Thoha ayat 13-14 di baca berulang kali sebanyak 40 kali. Alhamdulillah tidak sampai 30 menit sudah selesai membaca dua ayat secara berulang 40 kali. Dan secara random peserta ada yang langsuhg bisa menghafal kedua ayat tadi. Ya ini ynag disebut hafal tanpa menghafal. Tentu senang sekali bisa hafal tanpa menghafal, jika ini terus berulang makan menjadi hagidz/ah bukan ssesuatu yang sulit lagi.

Ada beberapa tips n trik untuk metode ini :

1. Berdoa kepada Allah

2. Tarik nafas mendalam minimla 10 kali

3. Minum air putih, karena bakal baca ayat 40 kali.

4. Istigfar

5. Matikan TV atau HP

Dengan mencoba lima labgkah di atas semoga kita bisa menjadi penghafal kalam ilahi.

Yang belum mempunyai resolusi tahun 2020, bisa jadi menghafal quran menjadi salah satu resolusi yang harus di capai. Bahkan tanpa menghafalpun kita bisa hafal.

Namun jika belum hafal saja, teruslah membaca dan membaca karena di sana sangat banyak kebaikan.

Hafalkan terus mesti tidak hafal hafal, nikmati saja semua proses ini. Belum hafal saja berarti lebih lama dalam kebaikan. Semoga catatan kecil ini bisa menjadikan kita untuk terus bisa berinteraksi dengan Alquran, karena kelak Alquran menjadi teman kita yang abadi di akhirat.

Selamat Me Time

*Dari seorang yang ga hafal hafal.

4 thoughts on “Hafal Quran Tanpa Menghafal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s