Menikmati Pagi di Quarry D Citeureup

Berawal ada undangan untuk mengikuti salah satu rangkaian acara HUT ke 44 Indocement untuk mengikuti acara Quarry Day. Saya sangat tertarik dengan undangan ini karena ingin tahu banyak tentang apa itu Quarry.

Ternyata meeting poin sebelum jam 6 pagi harus sudah ada di Halte Transmart Yasmin Bogor, dan kereta terpagi ke Bogor berangkat 05.10. Jadi harus nginap di Bogor, alhmadulillah seorang teman menawarkan nginap dirumahnya. Berkah silaturahim.

Sebelum subuh WA dari Adit masuk mengingatkan untuk persiapan berangkat ke Yasmin. Selepas sholat subuh, saya berangkat menembus dinginya Ciampea menuju lokasi pertemuan.

Alhamdulillah tidak ada hambatan sampai lokasi, sudah ada Kang Hendra pupuhu Blogor, Kang Erfano dan Adit. Rencana ada tujuh orang yang di jemput di titik ini. Selesai salaman langsung disodorin undangan pernikahan Kang Hendra. Barakallah semoga lancar proses menuju pernikahan.

Jam 06 lebih rombongan satu menuju Quarry D Citeureup, saya mah langsung nerusin tidur aja di mobil biar ada tenaga pas jalan santai. Rute Fun Walk ini akan melewati bekas tambang yang sudah di reklamasi.

Adapun kegiatan utama perayaan HuT ke-44 ini adalah penanaman pohon oleh Jajaran Direksi serta Quarry Walk bersama semua karyawan dari Divisi Unit Kantor Pusat dan Pabrik citeureup akan menyusuri area reklamasi di lahan tambang yang masih aktif ini.

Sesampainya di Quarry, ternyata parkir mobil di bawah sehingga harus jalan kaki menuju lokasi acara. Anggap saja ini pemanasan sebelum acara utama nanti. Dengan semangat 45 kami menuju lokasi dengan berjalan kaki.

Pagi ini akan mengikuti rangkaian acara perayaan HUT Ke-44 Indocement, acara diawali dengan penanaman pohon di sekitar Quarry oleh Direksi Indocement. Hal ini terkait dengan reklamasi lahan tambang di sini.

“Bergerak Berkarya Bersama” tagline inilah yang membuat Indocement bisa terus berkarya membangun negeri. Tanpa ada gerkan bersama dari seluruh karyawan dan jajaran Direksi tidak akan tercapai seperti sekarang ujar Christian Kartawijaya (Direktur Utama).

Setelah penanaman pohon, peserta di ajak melihat aksi dari Pencinta Alam Indocement menbentankan banner ucapan Ulang tahun di tebing. Sebelum melaksanakan Quarry Fun walk ini tiap departemen tampil dengan yel yel penyemangat dan akan dinilai kekompakannya.

Yang membuat berbeda dari Fun walk lainnya adalah lokasi yang akan dilalui adalah reklamasi bekas lahan tambang yang sudah tidak di gali lagi. Reklamasi ini meliputi penanaman pohon kembali, memanfaatkan lahan menjadi lahan perkebunan yang produktif dan terpadu serta menjaga kelestarian mata air Cikukulu. Mata air ini juga menjadi sumber kehidupan bagi hewan dan tumbuhan yang ada disekitar alirannya. Bahkan masyarakatpun mengambil air dari sini. Ini menandakan bahwa Indocement sangat perhatian terhadap kelestarian lingkungan. Mata air cikukulu ini area konservasinya seluas 5 hektar. Serta mata air ini memenuhi persyaratan kualitas air bersih yang tercantum di Permenkes No 416/MEN.KES/PER/IX/1990 memenuhi standar kualitas air bersih. Dan yang memanfaatkan mata air ini sebanyak 350 KK. Jadi sangat membantu untuk kebutuhan air bersih masyarakat sekitar Quarry.

Yang menarik perhatian saya dari acara ini adalah setiap pos disiapkan both untuk berfoto. Sehingga peserta sangat senang dan menikmati sehingga perjalanan selama 3 km tidak melelahkan. Kendaraan alat berat yang menjadi salah satu daya tarik peserta untuk berfoto. Tiap pos menyajikan konsep photo both yang keren banget. Sehingga peserta foto foto, kapan lagi berfoto di depan alat berat. Walaupun tertatih sayapun bisa menikmati rute ini.

Rute Quarry Walk ini memang dirancang melalui tempat reklamasi lahan tambang yang sudah ditumbuhi lagi dengan pohon pohon dan perkebunan yang produktif. Udara yang saya rasakan selama acara ini segar banget. Salah atu area ynag dilewati adalah Kebun Tegal panjang yang memiliki luas sekitar 12 hektar, dengan dikelola oleh 10 orang petani dan 2 orang tenaga pengawas. Kebun ini berisi tanaman vegetasi berbatang keras dan lunak. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan nilai ekonomi dari tanaman batang lunak seperti Pohon Cinta, Andong dan Monstera. Sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari kebun ini.

Dengan mengikuti acara ini saya menambah pengetahuan lagi, dan yang pasti jadi lebih sshat karena sudah berjalan lebih dari 10000 langkah di pagi itu. Sukses selalu buat Indocement.

Ada pesan yang disampaikan Direktur Utama dalam sambutannnya “Perjalanan panjang di usia ke-44 ini, Indocement terus melakukan berbagai upaya mengendalikan risiko lingkungan melalui sejumlah kegiatan, seperti pengurangan emisi, efisiensi energi, pendayagunaan limbah, perlindungan keaneragaman hayati dan pemanfaatan air bekas pakai. Upaya ini sejalan dengan pengurangan gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim”

Team Blogor

Semoga langkah kecil ini memberikan dampak yamg besar bagi warga sekitar Quarry.

Kang Dudi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s