Manual Brewing Itu Eksperimen

Sekarang ngopi seperti sudah menjadi bagian dari Gaya hidup. Cara seduh juga ternyata memang sangat beragam untuk menghasilkan cita rasa kopi.

Sayah berkesempatan nyeruput ilmu kopi dari Instruktur First Crack langsung Coach Okta. Sungguh sayah sangat beruntung sekali bisa mendapatkan ilmu tentang dunia hitam dari ahlinya langsung.

Yang menjadi catatan sayah tentang manual brewing selama belajar sambil praktek. Hal yang sangat fundamental adalah kita harus mengenal Roasted Bean yang akan kita seduh terlebih dahulu sebelum teknik menyeduh dan lain lain.

Dari sini kita akan mengenal Light Roast, Medium Roast dan Dark Roast secara umum. Setelah Roasted bean hal yang akan mempengaruhi hasil seduhan adalah Grind Size. Dan setelah itu suhu berapa kita akan menyeduh.

Dan rasa seperti apa yang ingin dimunculkan dari kopi yang kita seduh.

Awal mengenal dunia hitam alias dunia kopi, nyeduh aja kok ribet pikir sayah. Namun justru disanalah kita menemukan rasa dari profil kopi. Kopi boleh sama, metode seduh sama, suhu sama, namun rasa akan berbeda satu dengan yang lainnya. Inilah dunia hitam yang menyenangkan itu.

Bagaimana menemukan rasa manis dari sebuah seduhan, rasa buah dan masih banyak sensansi yang bisa dirasakan saat menyeduh.

Pesan singkat yang sangat mengena buat sayah dari coach Okta adalah menyeduh itu harus rileks, sehingga akan menghasilkan rasa kopi yang luar biasa. Dan manual brewing itu adalah eksperimen, jadi perbanyaknya mencoba teknik seduh, grind size, roasted bean, gramasi. Karena kopi itu eksperimen sepanjang masa.

Sudah ngopi hari ini? Jangan pernah lelah mencari rasa kopi, teruslah menyeduh dan mensesap kopi.

Kang Dudi

Advertisements

4 thoughts on “Manual Brewing Itu Eksperimen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s