Potensi Jengkol Indonesia Ekspor ke Mancanegara

Tau jengkol, pete?

Pasti tau ya jenis makanan ini, walau agak malu mengakuinya. Karena makanan ini memang menebar bau kurang sedap, namun sebenarnya uenak banget deh. Kalo penasaran coba aja sendiri. Namun ternyata kedua makanan ini laku di mancanegara, dan tercatat eskpor yang unik dari Indonesia ini.

Ternyata potensi ekspor Indonesia itu sangat banyak sekali terlebih keragaman hayati Indonesia itu kedua setelah Brasil. Jadi jangan remehkan potensi ekspor Indonesia. Walaupun bau kurang sedap namun ternyata tercium harum mewangi dolar. Yessssss

Jadi ga usah malu lagi ngaku seneng jengkol dan pete ya, ini salah satu potensi Indonesia yang perlu dikembangkan biar makin banyak orang seneng jengkol. Ini potensi yang nyata dalam hal ketahanan pangan lokal. Sayah mah pencinta jengkol sejati, tau ini jadi lebih bangga atuh.

Itu baru dari tumbuhan belum lagi dari hewan yang punya potensi ekspor juga. Kira kira ada yang tau ga hewan apa? Kepo ga?

Domba dan kambing menjadi primadonanya, karena negara jiran membutuhkan sekitar 80.000 ekor. Tapi ada yang unik juga hewan yang di ekspor, yaitu tokek.

Hidup itu memang dinamis, bisa bergerak kemana saja dengan lincah. Sudah tahukah jika membawa hewan atau tanaman berpindah ke suatu lokasi perlu sertifikat dari badan karantina suatu negara atau wilayah?

Ada sekitar 121 Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan 693 jenis Organisme Penganggu Tanaman Karatina (OPTK) yang harus di cegah melalui Badan Karantina, karena semua jenis penyakit itu tidak ada di Indonesia. Jadi udah tau yah pentingnya Badan Karantina ini. Sip deh

Mungkin kita tidak pernah ngeh tentang hal ini. Padahal badan karantina ini usianya sudah lebih tua dari republik ini. 141 tahun, jadi pemerintah Hindia Belanda sudah perhatian terhadap masalah karantina ini, karena negara kita kedua yang paling kaya keragaman hayatinya setelah brasil.

Termasuk sayah belum tahu tentang UU karantina ini. Sabtu (30/6) blogger gathering bersama Badan Karantina. Jadi banyak pengetahuan baru tentang pentingnya Karantina.

Jadi mulai sekarang karena sudah tau tentang Badan Karantina, jadi bila membawa hewan atau tumbuhan segera minta sertifikatnya di bandara atau pelabuhan. Gampang kok prosesnya, tinggal datang lebih awal aja buat proses ini, jadi boardingnya tenang. Sehingga traveling jadi nyaman.

Selamat menikmati Indahnya Indonesiaku.

Advertisements

6 thoughts on “Potensi Jengkol Indonesia Ekspor ke Mancanegara

  1. Padahal di kampungku…pohon jengkol sja sudah sangat langka..dulunya masih bnyk bgt namun mulai ditebang…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s